Polystyrene resin (PS) adalah polimer hidrokarbon aromatik sintetis yang terbuat dari monomer yang dikenal sebagai styrene. Polystyrene bisa padat atau berbusa. Polistiren serba guna jelas, keras, dan agak rapuh. Ini adalah resin murah per satuan berat. Ini adalah penghalang yang agak buruk untuk oksigen dan uap air dan memiliki titik leleh yang relatif rendah. Polystyrene adalah salah satu plastik yang paling banyak digunakan, skala produksinya beberapa juta ton per tahun.

Polystyrene dapat transparan secara alami, tetapi dapat diwarnai dengan pewarna. Penggunaannya meliputi pengemasan pelindung (seperti pengemasan kacang dan kotak CD dan DVD), wadah, tutup, botol, nampan, gelas, alat makan sekali pakai dan dalam pembuatan model. Sebagai polimer termoplastik, polistiren dalam keadaan padat (kaca) pada suhu kamar tetapi mengalir jika dipanaskan di atas sekitar 100 ° C, suhu transisi kacanya. Menjadi kaku lagi ketika didinginkan.

Perilaku suhu ini dimanfaatkan untuk ekstrusi (seperti pada Styrofoam) dan juga untuk pencetakan dan pembentukan vakum, karena dapat dilemparkan ke dalam cetakan dengan detail halus. Di bawah standar ASTM, polystyrene dianggap tidak dapat terurai secara hayati.Ini terakumulasi sebagai bentuk sampah di lingkungan luar, terutama di sepanjang pantai dan saluran air, terutama dalam bentuk busa, dan di Samudra Pasifik.

Polystyrene resin

Polystyrene Resin
error: Content is protected !!