Kimia adalah disiplin ilmiah yang terlibat dengan unsur dan senyawa yang terdiri dari atom, molekul dan ion: komposisi mereka, struktur, sifat, perilaku dan perubahan yang mereka jalani selama reaksi dengan zat lain. Dalam lingkup subjeknya, kimia menempati posisi menengah antara fisika dan biologi.  Hal ini terkadang disebut sebagai ilmu pusat karena menyediakan landasan untuk memahami kedua disiplin ilmu dasar dan terapan pada tingkat fundamental.sebagai contoh, kimia menjelaskan aspek kimia nabati (botani), pembentukan batuan beku (geologi), bagaimana terbentuk ozon atmosfer dan bagaimana polutan lingkungan terdegradasi (ekologi), sifat tanah di bulan (astrofisika), bagaimana obat-obatan bekerja (Farmakologi), dan bagaimana untuk mengumpulkan bukti DNA di TKP (forensik).

Ilmu Kimia

Kimia membahas topik seperti bagaimana atom dan molekul berinteraksi melalui ikatan kimia untuk membentuk senyawa kimia baru. Ada empat jenis ikatan kimia: ikatan kovalen, di mana senyawa berbagi satu atau lebih elektron (s); Ikatan ion, di mana senyawa menyumbangkan satu atau lebih elektron ke senyawa lain untuk menghasilkan ion (kation dan anion); ikatan hidrogen; dan Van der Waals memaksa obligasi.Model struktur atom saat ini adalah model mekanis kuantum.  kimia tradisional dimulai dengan studi partikel elementer, atom, molekul,  zat, logam, kristal, dan agregat materi lainnya. 

Hal ini dapat dipelajari di negara padat, cair, atau gas, dalam isolasi atau dalam kombinasi. Interaksi, reaksi dan transformasi yang dipelajari dalam kimia biasanya merupakan hasil dari interaksi antara atom, yang mengarah pada penyusunan kembali ikatan kimia yang memegang atom bersama-sama. Perilaku seperti itu dipelajari di laboratorium kimia.Laboratorium kimia stereotip menggunakan berbagai bentuk gelas laboratorium. Namun gelas tidak pusat kimia, dan banyak eksperimental (serta Terapan/industri) kimia dilakukan tanpa itu. Larutan zat dalam botol reagen, termasuk amonium hidroksida dan asam nitrat, diterangi dengan warna yang berbedaReaksi kimia adalah transformasi beberapa zat menjadi satu atau lebih zat yang berbeda.  dasar dari transformasi kimia tersebut adalah penyusunan kembali elektron dalam ikatan kimia antara atom.

Hal ini dapat digambarkan secara simbolis melalui persamaan kimia, yang biasanya melibatkan atom sebagai subyek. Jumlah atom di sebelah kiri dan kanan dalam persamaan untuk transformasi kimia adalah sama. (Ketika jumlah atom di kedua sisi tidak seimbang, transformasi disebut sebagai reaksi nuklir atau peluruhan radioaktif.) Jenis reaksi kimia suatu zat dapat mengalami dan perubahan energi yang dapat menyertai itu dibatasi oleh aturan dasar tertentu, yang dikenal sebagai hukum kimia.Pertimbangan energi dan entropi selalu penting dalam hampir semua studi kimia. Zat kimia diklasifikasikan dalam kerangka struktur, fase, serta komposisi kimia mereka. Mereka dapat dianalisis dengan menggunakan alat analisis kimia, misalnya spektroskopi dan kromatografi. Para ilmuwan yang terlibat dalam penelitian kimia dikenal sebagai kimiawan. kebanyakan kimiawan mengkhususkan diri dalam satu atau lebih sub-disiplin. Beberapa konsep penting untuk studi kimia.

Chemistry is Our Core Value
error: Content is protected !!