Dibasic EsterNews and Media

Proses Pembuatan Dibasic Ester

Proses pembuatan Dibasic ester paling sering diproduksi dari asam rantai pendek. Yaitu asam adipat, asam suksinat, dan asam glutarat, dan biasanya akan menghasilkan methyl dibasic ester. Terlepas dari jenis ataupun metode sointesisnya DBE memiliki sifat yang tidak mudah terbakar, tidak korosif, dan mudah terurai dengan secara hayati.

DBE yaitu pelarut memiliki titik didih tinggi ramah lingkungan,  DBE adalah merupakan campuran dari tiga ester. Pada bahan campuran utamanya adalah Dimethyl succinate (CH3OOC(CH2)2COOCH3), Dimethyl adipate (CH3OOC(CH2)4COOCH3), dan Dimethyl glutarate (CH3OOC(CH2)3COOCH3).

Banyak industri yang menggunakan DBE ini sebagai bahan campuran pelarutnya. Tapi taukah anda bagai mana pembuatannya? Mari kita simak penjelasan dibawah ini mengenai proses pembuatan Dibasic Ester.

Proses pembuatan dibasic ester

Proses pembuatan DBE yaitu dengan cara dari esterifikasi asam karbosilat dengan menggunakan katalis. Karena pada dasarnya, asam adipat. Asam suksinat dan asam glutarat digabungkan lalu setelah itu direaksikan dengan methanol. Kemudian dengan adanya katalisasam sehingga dapat menghasilkan ester monometil. Ester ini lalu bereaksi dengan methanol untuk nanti menghasilkan ester dibasa berair. Campuran ester ini kemudian akhirnya dipisahkan dengan menggunakan cara distilasi.

 

Metode dan sistem untuk membuat DBE yaitu dengan cara metatesis yang secara umum diungkapkan. Dalam beberapa perwujudan, metode terdiri dari  mereaksikan ester olefin terminal dengan ester olefin internal dengan adanya katalis metatesis untuk dapat membentuk DBE. Olefin ester terminal atau olefin ester internal berasal dari bahan baku terbarukan, seperti bahan baku minyak alami.

Dalam perwujudan tersebut, bahan baku minyak alami atau turunannya yang ditransesterifikasi, dimetesiskan untuk dapat membuat olefin ester terminal atau olefin ester internal. Ini adalah istilah umum yang paling sering digunakan pada ester asam dikarboksilat yang banyak dan berbagai jenis. Alcohol yang dihasilkan bervariasi dalam beberapa komposisi sering kali menghasilkan methanol atau alcohol mono dengan berat molekul lebih tinggi lainnya.

 

Demikian penjelasan mengenai proses pembuatan DBE, jika Anda tertarik, bisa menghubungi kami untuk menanyakan ketersediaan bahan, pembelian sesuai kebutuhan anda. Dapatkan harga terbaik yang PT. Mufasa Specialties Indonesia tawarkan.

Contact Us

5/5 - (3 votes)